Review and Report

Kursus Barista Murah Meriah di SangSang Univ

Lagi nyari tempat kursus barista dengan harga yang super miring? Kelas Barista di SangSang Univ bisa jadi pilihan paling hebring. Cuman dengan biaya sekitar 150ribu-an, kamu bisa dapet jurus-jurus yang diperlukan buat jadi seorang barista.

Program yang merupakan proyek CSR perusahaan KT&G Korea ini emang gak bakal menjadikan kamu sebagai barista yang siap kerja. Namun lumayan lah buat tau-tau dikit pengetahuan dasar tentang perkopian dan cara menyajikan kopi kayak di coffee-coffee shop jadi ntarnya kalo mau ngambil kursus barista yang lebih serius udah punya basic skill.

Kelas Barista ini diadain di kampus SangSang Univ Jakarta tiap hari sabtu dengan jumlah pertemuan per-batch/angkatan-nya sekitar 5-6 kali pertemuan. Kebetulan gue ikutan program ini di Batch 1 2016 yang berlangsung dari bulan Februari-April 2016. Kelas Barista sendiri sih konon udah berjalan dari tahun 2015 dengan menelorkan beberapa batch.

Di minggu pertama Batch 1 2006 sama tutornya yaitu Fauzan Ambadar kita dikasih tau tentang pengetahuan umum tentang perkopian. Mulai dari jenis kopi, cara panen, cara roasting dan yang lainnya. Abis itu kita juga dikasih tau tentang alat-alat buat bikin kopi yang biasa digunain di coffee shop mulai dari mesin gilingan ampe mesin buat bikin kopi. Pertemuan pertama ditutup dengan belajar cara bikin espresso.

Minggu kedua kita diajarin salah satu skill yang harus dimiliki barista yaitu cupping. Kursus buat cupping sendiri sebenarnya cukup mahal. Di sini yang penting kita tahu apa yang dilakukan barista profesional saat cupping kayak mengetahui aroma dan fragrance kopi saat kering dan setelah diseduh sampai kekentalan body cairan coffee dan after taste nya.

Minggu selanjutnya kita diajarin teknik manual brewing disusul dengan cara membuat latte. Di pertemuan/minggu terakhir adalah saatnya ujian. Oleh tutor kita disuruh untuk membuat sajian kopi entah itu espresso, manual brewing atau latte. Tiga peserta kursus dengan nilai terbaik dapat hadiah dari panita.

Berbeda dengan acara kursus kebanyakan, Kelas Barista SangSang Univ ini cukup casual. Suasana kelasnya asik dan santai. Dapat snack dan meal gratis pula. Pokoknya pulang kursusan perut gak keroncongan. Tak hanya itu bagi peserta yang tidak pernah bolos bisa memenangkan merchandise menarik dari SangSang Univ mulai dari mug, USB hingga Speaker. Pokoknya top banget deh, cuman bayar 150rb selain dapat ilmu juga bisa dapetin makanan dan hadiah menarik.

Di tahun 2016 ini rencananya SangSang Univ bakal buka Kelas Barista lagi, katanya hingga Batch 5. Buat yang pengen ikutan Kelas Barista ini, pantengin aja twitter nya SangSang Univ: @SangSangUniv_ID biar gak kehabisan kursi. Maklum peminat Kelas Barista ini lumayan banyak, siapa cepat dia dapat. Siapa tahu suatu saat kita bisa sekelas bareng di Kelas Barista batch yang akan datang.

See you there!

Follow my Twitter: @arespendil

 

 

Leave a Reply